Tingkatkan Kualitas SDM PDAM Tirta Segah Gandeng PDAM Kota Depok

Guna memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM), manajemen Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Segah, Kabupaten Berau bekerjasama PDAM Tirta Asasta Kota Depok menggelar pelatihan dan pengembangan SDM karyawan di lingkungan perusahaan pelat merah tersebut yang digelar di Hotel Grand Parama, Jalan Pemuda, Tanjung Redeb, Rabu (1/5).

Pelatihan dan pengembangan SDM diikuti seluruh karyawan PDAM Tirta Segah. Tak hanya membahas berbagai cara penyelesaian permasalahan yang kerap dihadapi petugas di lapangan. Namun karyawan juga dimotivasi untuk bekerja secara maksimal dalam meningkatkan kinerja serta kualitas sebagai bentuk penguatan SDM.

Pelatihan yang digelar lebih kurang 3 jam tersebut, juga diisi acara dialog dan tanya jawab seputar persoalan yang kerap ditemui di lapangan, oleh narasumber Direktur Utama PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Muhammad Olik.

Usai acara, Direktur PDAM Tirta Segah Saipul Rahman mengatakan, besarnya tuntutan dari masyarakat kepada pihaknya, harus diiringi dengan peningkatan kapasitas SDM yang mumpuni. Dengan mengadopsi sistem dari PDAM Kota Depok yang notabene menjadi salah satu PDAM terbaik se-Indonesia. Dengan pelatihan dan bimbingan tersebut, Saiful optimistis visi-misi PDAM bisa tercapai. “Kita mengambil pembelajaran dari teman-teman PDAM Depok. Apalagi Depok ini merupakan salah satu PDAM terbaik di Indonesia untuk kelas 50 ribu sampai 100 ribu liter. PDAM Depok ini yang terbaik. Cara-cara mereka yang akan coba kita terapkan dan kembangkan di PDAM Tirta Segah,” ungkapnya.

Saiful mengaku cukup yakin, pihaknya bisa mencontoh PDAM Kota Depok. Sebab untuk sistemnya sendiri sudah ada, tinggal dilakukan perbaikan-perbaikan, salah satunya dengan meningkatkan kualitas SDM.

“Kita juga akan menyusun rencana bisnis, dan rencana bisnis itu yang akan kita gali dari pengalaman-pengalaman PDAM Kota Depok yang sudah punya pelanggan yang jauh lebih besar dari kita. Karena apa yang sudah mereka lakukan, itu bisa kita dapatkan ilmunya. Tidak perlu kita ujicoba lagi, yang kurang kita perbaiki lagi. Kita optimistis bisa lebih baik dari mereka,” harap Saiful.

Sementara itu, Dirut PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Muhammad Olik mengaku sangat mengapresiasi seluruh jajaran PDAM Tirta Segah. Menurutnya, PDAM Berau memiliki potensi luar biasa, serta jumlah calon pelanggan yang cukup banyak membuat PDAM Tirta Segah ke depan akan lebih maju.

“Dengan diiringi kesiapan SDM serta kesiapan infrastrukturnya, Insya Allah PDAM Tirta Segah akan jauh lebih maju,” ujarnya.

Dalam sebuah manajemen perusahaan yang menginginkan kemajuan, tentu peningkatan SDM menjadi bagian yang sangat penting. Jika SDM kuat, kata dia, secara otomatis visi-misi perusahaan akan terwujud.

“Kalau perusahaan maju, sudah bisa dipastikan karyawannya akan sejahtera, saat SDM-nya itu mumpuni, berintegritas, dan patuh terhadap aturan, saya yakin itu bisa diwujudkan,” jelas Olik.

Pelatihan peningkatan SDM PDAM Tirta Segah akan kembali dilanjutkan di Pulau Derawan dengan menggelar Workshop. Kegiatan itu melibatkan pegawai struktural PDAM Tirta Segah dan manajemen PDAM Kota Depok.




Publikasi Berita ini dibuat pada 07/05/2019 oleh Rachman Suvriansyah
Kata kunci :